01 Oktober 2009

PERSIJA MULTIKULTURAL

Jakarta. Terlalu banyak definisi mengenai nama besar Ibukota tersebut. Mulai dari barometer perkembangan Indonesia, daerah dengan populasi kriminal terbesar di Indonesia, hingga Kota dengan Segudang Kepalsuan. Mungkin sekelumit sisi negatif tersebut selalu ada dalam benak masyarakatnya. Akan tetapi, tak dapat dipunggkiri hingga saat inipun Jakarta masih juga mempunyai kekuatan magis, yang mampu membuai orang untuk datang menemuinya.

Lalu kembali kita bertanya kepada diri kita sendiri, untuk siapakah Jakarta ada? Dan siapakah yang pantas dinamakan “Orang Jakarta”? Kita tak perlu mendeskripsikan ini terlalu jauh, karena sebagian orang yang telah menetap di Jakarta (baik itu yang lahir disini, atau pendatang) adalah menganggap “Ini Jakarta Gue..!!”

Bicara mengenai Jakarta, pasti tak akan terlepas dengan Persija dan Supporter Militannya (Jak Mania). Dari sini semua sekat–sekat budaya itu terbongkar. Sekat-sekat yang telah menjadi jurang pemisah antara Sang Beruntung dan Si Lemah. Tak peduli darimana kau lahir dan dibesarkan. Tak peduli dari kasta mana strata sosialmu. Atau apa latar belakang pendidikan formalmu. Selama itu kau mencitai Persija, berarti kita saudara!

Perkembangan Persija untuk mendapatkan simpati bukan hanya berasal dari Jakarta saja. Mulai dari kota besar di Indonesia hingga kota kecil yang tersebar di beberapa kabupaten. Dan bahkan banyak dari simpatisan yang berada jauh di seberang benua.
Ironisnya, jika kita melihat seseorang yang lahir, tumbuh, dan berkembang di Indonesia justru rela membela tim kesebelasan asing. Tanpa mengetahui di mana dia berpijak.

Musim ISL 2009/2010 akan segera hadir menghapiri para penantinya. Dan tentu saja, sebagai supporterpun kita berharap Persija mampu bersaing dan menjadi pemenang di Super Liga tersebut. Ajak sebanyak–banyaknya orang yang kau kenal untuk mendukung Persija. Dan jadilah contoh untuk kawan disebelahmu. Karena kuantitas yang sudah terbangun ini, juga mempunyai kedewasaan dalam kualitasnya.

Tinggalkan Ras, tinggalkan Suku.
Satu tekad dukung PERSIJA.
Dibawah bendera Jakmania.
Majulah PERSIJA pantang mundur...(Tinggalkan Ras dan Suku - lyric)

Dari orang yang tak akan pernah melupakan kalian...Atsalist

Catatan dikutip dari : www.jakmania.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar